seberapa penting identitas seorang peretas (hacker)



Pentingkah identitas seorang peretas ?

Dalam dunia hacker ada 3 kategori peretas yaitu black hat, white hat, grey hat.  Namun seberapa pentingkah identitas seorang peretas.

Untuk peretas area black hat identitas sangatlah penting karena mereka berada di lingkub kejahatan cyber. Black hat harus menutup identitasnya di dunia maya. Black hat tidak boleh mengumbar jatidirinya dimedia sosial. Namun pada kenyataanya black hat justru banyak yang mengumbar jatidirinya dan mempamerkan skill di media sosial.


Peretas kedua yaitu white hat. Untuk kategori white hat identitas bisa di bilang penting bisa juga tidak penting. Kenaoa bisa begitu ? Banyak hacker white hat yang secara terang terangan membuka identitasnya. Mereka berani membuka identitas karena mereka berada di jalan yang benar. Mereka tidak ternodai dengan kejahatan cyber seperti black hat. White hat cenderung untuk tidak mengumbar skill di media sosial.


grey hat, untuk grey hat memiliki dua kemungkinan yang sangat erat karena grey hat  berada di garis tengah antara black hat dan white hat.

Untuk identitasnya di dalam kategori white hat dia cenderung open mask atau membuka identitas. Namun saat dia berada di dalam lingkub black hat dia akan menutup identitasnya.


Identitas peretas memang penting, namun jika kita tidak terjerumus dalam kejahatan cyber dan kita tidak wajib menutup identitas kita. Kita harus memiliki batasan dalam membuka identitas. Yang terpenting adalah jangan pamer  skill.


Bagi peretas identitas adalah hal yang paling utama untuk diamankan. Banyak yang berangapan bahwa peretas pasti tidak diketahui siapa orangnya ataupun dari mana asalnya. Namun angapan itu salah, sebenarnya kita hanya perlu melihat dia ada digolongan mana. dia ada di golongan black hat ataupun white hat.


Untuk peretas white hat mereka cenderung tidak ingin dipanggil sebagai peretas. Seperti jim geovedi ataupun kang ono ( ono w purbo). Mereka justru lebih akrab dikenal sebagai pengamat dunia teknologi atau pakar teknologi. Jadi seberapa penting identitas peretas tergantung golonganya.

0 Response to "seberapa penting identitas seorang peretas (hacker)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel